Minggu, 24 Januari 2010

modifikasi jeep

Jeep Wrangler TJ 1998
Tanggal
: 07 Mar 2008
Penulis
: Rully Adam Mangapul & Jubilar Paskoro
Juru Foto
: Zulhafid Jusuf

Jeep Wrangler TJ 1998
Lara Croft Jeep Rubicon Replica

Replicant
Shall We Go Lady Croft?

Siapa yang tidak kenal Lara Croft? Bahkan masih dalam wujud animasinya pun, perempuan aduhai yang satu ini sudah menjadi icon seksi Hollywood. Terlebih ketika video game Tomb Raider tersebut diangkat ke layar lebar dan dibintangi oleh Angelina Jolie. Wuiiih…
Menyaksikan film Tomb Raider barangkali mirip dengan saat kita menonton berbagai sekuel James Bond. Mirip dalam konteks film jagoan yang mengandalkan potensi fisik sang bintang ditambah taburan berbagai gadget dan senjata canggih serta tak lupa… mobil tunggangan yang bisa diandalkan. Kalau selama ini sir James Bond begitu percaya pada BMW dan Aston Martin maka Lara Croft menjatuhkan pilihan pada jip maskulin seperti Land Rover Defender dan Jeep Wrangler Rubicon.
Alasan pemilihan Rubicon untuk mendukung karakter Croft berdasar atas kesamaan jiwa petualang, kebebasan, dan filosofi Jeep “go anywhere, do anything.” Sehingga demi menyesuaikan dengan kebutuhan aksi heroik Croft saat menghadapi situasi ekstrem maka Jeep memodifikasi Wrangler Rubicon dengan segudang atribut canggih dan fungsional. Hasilnya adalah sebuah tunggangan maskulin dengan seperangkat piranti tambahan yang bukan cuma fungsional tetapi juga sukses membuat penampilannya semakin keren. Saking kerennya, Jeep miss Croft ini mengilhami Bingky untuk memodifikasi mobil Jeep-nya.
“Mobil bahan untuk modifikasi ini adalah Jeep TJ lawas lansiran tahun 1998 yang udah gue punya sejak lama. Gue sendiri awalnya bingung mau buat modifikasi seperti apa karena sebelumnya Jeep ini tampil serba bling-bling. Di sisi lain, gue pribadi juga kurang suka dengan olahraga off-road. Jadi, mulailah ketika itu buka-buka buku, majalah, dan nonton film,” tutur Bingky membuka obrolan kami di cafĂ© dan bengkel miliknya.
Lalu, mengapa pria yang memang sudah sangat terkenal akan kreasi-kreasi nakalnya pada modifikasi baik motor maupun mobil itu malah memilih untuk meng-copy Jeep Rubicon tunggangan Lara Croft? “Prinsip gue untuk modifikasi cuma ada dua. Yang pertama adalah gaya gue (sambil menunjuk Chevy BelAir ’57 yang sedang dikerjakan dengan gaya chop dan tembaga finished serta beberapa motor Harley-Davidson radikal karyanya) atau yang kedua adalah gaya untuk mengikuti tema-tema mobil atau motor yang ada di film,” katanya menjelaskan. “Beberapa contoh mobil dan motor yang pernah gue modifikasi dengan gaya movie theme ini adalah VW kodok Herbie dan H-D Panhead Captain America yang di-display di dalam.”
Proses transformasi dari TJ ke Rubicon Tomb Raider diawali Bingky dengan membuat list serta mendata komponen-komponen aftermarket apa saja yang harus ia buru. Data-data tersebut ia kumpulkan dari internet, buku. majalah, poster sampai dengan memelototi terus sekuel film Tomb Raider “The Cradle of Life.” Deretan komponen-komponen tersebut mayoritas adalah komponen yang biasa digunakan oleh pengantusias off-road. Setelah list lengkap maka Bingky memulai gerilyanya untuk order komponen aftermarket langsung ke Amerika. “Bagaimana lagi? Di Jakarta, barang-barang tersebut nggak ada semua. Jadi gue harus pesan langsung dari sana. Untungnya, gue punya teman yang tinggal di California. Jadi dia yang bantu untuk mencarikan komponen-komponen tersebut.”
List komponen yang dikirim Bingky via e-mail ke California berupa seluruh off-road kit khusus untuk kaki-kaki berikut aksesorisnya. Itu berarti mencakupi perangkat suspensi, ban, dan velg. “Bahkan untuk ban dan velg saja gue tidak bisa mendapatkannya di sini. Untuk velg, gue baru nemu yang diameternya 16inci. Padahal butuhnya yang 17inci. Jadi pesan sekalian dengan bannya,” tutur Bingky. Jeep tomb Raider milik Bingky menggunakan ban lansiran Mickey Thompson berdiameter 35inci dengan model telapak Baja Claw yang melapis velg Classic II plus bead locks. Sementara suspensinya juga benar-benar ikut mengambil tipe suspensi dan shock breaker yang sama dengan yang digunakan oleh Miss Croft, yaitu lansiran Skyjacker. Setelah semua perangkat kaki-kaki didapat, Bingky pun kembali memesan flare fender rivet lansiran Bushwacker juga dari Amerika.
“Sambil menunggu, di sini gue pretelin semua aksesoris Jeep TJ yang lama, mengangkat hard top, mengganti daun pintu dengan model half door, dan kemudian mengecat bodi TJ dengan laburan warna silver yang memang warna asli seperti versi Rubicon terbaru. Sekitar satu setengah bulan kemudian, setelah barang pesanan datang maka gue langsung memasang semua komponen-komponen untuk kaki-kaki tadi. Masalah muncul waktu gue kembali mau pesan bumper depan dan belakang serta rollbar dimana menurut yang gue baca dibuat oleh Hanson Enterprise. Setelah gue kirim e-mail dan minta barang yang dimaksud ternyata mereka tidak bisa memenuhinya lantaran perangkat-perangkat berbahan besi tadi hanya mereka buat khusus untuk proses syuting film Tomb Raider. Dan bukan untuk dijual kepada umum. Akhirnya terpaksa gue buat sendiri di sini dengan bahan dari seamless dan stainless steel serta plat setebal 5mm. Ukurannya bisa gue dapat dengan memperhatikan secara detail porsi bumper dan mobil lalu membuat ukuran skalanya. Butuh waktu dua bulan untuk mendapat rangkaian bumper yang presisi dengan aslinya. Setelah itu gue juga melapis bodi-bodi mobil dengan plat aluminium supaya persis dengan aslinya,” tutur Bingky panjang lebar.
Setelah bumper dan rollbar terpasang, langkah apa lagi yang dilakukan Bingky untuk mempercepat proses replikanya? “Yang pasti, karena sudah ada bumper dan rollbar untuk menempatkan deretan lampu jadi gue segera mencari komponen-komponen penerang jalan itu. Gue datang langsung ke distributor resmi Hella di Jakarta dan membeli delapan buah lampu atas yang ‘nangkring’ di rollbar serta empat buah foglamp yang memang ditempatkan di plat bumper depan. Sementara untuk lampu tengah gue pakai merek Warn. Merek ini juga gue pakai untuk melengkapi bumper dengan perangkat winch,” katanya.
Modifikasi replika Rubicon pada bagian interior tidak se-ribet dibandingkan apa yang sudah dilakukan Bingky terhadap bodinya. Bingky praktis hanya meniru desain dashboard dan lalu mengganti perangkat panel meter dengan lansiran Autometer yang juga dipesan dari negeri Paman Sam. Bingky pun memilih lingkar kemudi lansiran Grant yang dilengkapi dengan anti thief lock. Sementara bagian jok dia lapis dengan bahan dari MBTech dan melengkapinya dengan safety belt 5-titik bermerek RCI untuk memastikan keamanan penumpang. Lalu apa fungsi LCD screen yang terletak di tengah dashboard mobilnya? “Kalau di versi filmnya, LCD screen ini berfungsi untuk menampilkan gambar navigasi dari alat GPS. Karena GPS di sini belum terlalu familiar maka gue cukup mendapat penampilannya saja. Sementara fungsinya masih untuk menonton DVD, hehe,” katanya sambil tertawa terpingkal-pingkal.
Satu-satunya komponen dari mobil Jip milik Bingky yang tidak berubah adalah mesin 6-silinder segaris bawaan TJ yang berkapasitas mencapai 4.000cc. Sementara mesin milik Lady Croft lebih dahsyat dengan konfigurasi V8 4.700cc. “Gue memang sengaja tidak mau mengubah mesin karena mesin lama juga sudah sangat responsif. Lagipula gue memang cuma mengejar tampilan mobil supaya benar-benar menyerupai mobil milik Lara Croft,” katanya menjelaskan.
So, shall we go Lady Croft? “Ayo, tapi kalau ada yang ingin ikut di mobil ini maka dia harus duduk di jok sebelah kiri, jok penumpang. Ini dia satu lagi perbedaan setir kiri dan kanan antara mobil gue dengan Lara Croft, hahaha…” katanya sambil memacu mobil dan menutup obrolan siang itu.

Mesin : 6-silinder segaris 4.000cc
Ban : Mickey Thompson Baja Claw Radial R17
Velg : Skyjacker valve flex 4inci
Peredam kejut : Skyjacker Nitro 12inci (dpn) & 14inci (blk)
Lampu : Hella 8-buah (atas), Warn 2-buah (tengah), Hella 4-buah (belakang)
Snorkle kit : Safari
Over fender : Bushwacker
Sabuk pengaman : RCI 5-titik
Jok : Kulit MBTech-Millenium
Lingkar kemudi : Grant plus anti thief
Panel meter : Autometer 8-pieces
Bumper : Otoresto
Rollbar : Otoresto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar